Cara memperbaiki radiator KIA Carnival


Ass.Wr.wb
terkadang orang mau dengan mudah terutama bila terjadi kerusakan sedikit pada kendaraannya pertama, langsung menyerahkan kendaraanya kebengkel terdekat atau terpercaya, namun yang kedua ada pula yang sedikit berani berimprofisasi yaitu mencoba memperbaiki sendiri kerusakan yang terjadi, kemauan ini cukup atau wajib di acungkang jempol.
langkah kedua itu ada dua faktor sebab atau musabab sehingga dapat atau berani mencoba memperbaiki sendiri.
yang pertama : orang tersebut ingin mengetahui atau mempelajari kendaraanya dapat menguasai paling tidak mengetahui seluk beluk kendaraanya.
yang kedua : walaupun punya kendaraan, belum tentu berpenghasilan lebih, oleh sebab itu dia berani mencoba sendiri (terpaksa) untuk menjinakan kuda pacunya dikarenakan mahalnya biaya service di bengkel... (alasan yang kedua ini pas buat saya..ha..ha..ha).
ini pengalaman yang saya lakukan ketika radiator kuda saya KIA CARNIVAL GASOLINE ENGGINE retak sehingga air berkurang terus dan saya harus rajin mengisi setiap hari. jika tidak dilakukan maka mesin akan overheat dan merusak komponen yang lain seperti cyliderhead bengkok, piston pecah, stang piston patah dan lain lain kalau itu terjadi wiiihhh menyeramkan bagi ane bisa-bisa terganggu kesetabilan ekonomi rumah ane,...ha ha ha.
Hal ini harus dapat di pastikan dulu letak terjadinya kebocoran ini bisa dilihat secara visual adanya cairan radiator yang keluar terutama bila menggunakan carian coolan yang berwana terang atau dengan menggunakan radiator presure tester..

beikut gambar posisi kebocoran yg terjadi di kuda pacu ane

setelah diketahui letak kebocoran, saya ber inisiatif melepas radiator dikarenakan untuk pengerjaannya bisa maximal bila tidak dilepas dikuatirkan pengerjaan kurang maximal ini tergantung mood anda untuk pengerjaannya namun bila anda ingin melakukan pengerjaan sesuai yang saya lakukan berikut kaset eh salah tape eh salah lagi,...tips yang saya lakukan.....ha ha ha jgn terlalu serius nanti cepat tua,.....
langkah pertama
angkat front bar dan pipa saluran udara di depan..sehingga dapat leluasa untuk melepaskan radiator, hanya  terdapat beberapa baut untuk melepaskannya, gbr
sebelum

sesudah 

gbr front bar

kemudian setelah itu lepas klem serta selang saluran air inlet maupun outlet jangan lupa angkat pula radiator fan gbr

inlet
 untuk outlet ada beberapa selang yang di lepaskan salah satunya ada dua selang dari AT transmisi di bawah dan diatas ada pula dua selang dari recievoir dan yang ke trotle body gbr



setelah itu lepaskan radiator angkat keatas pada saat mengankat hati - hati dengan pipa AC jangan sampai bengkok atau patah gbr



seteleh radiator dilepas saya menggunakan alat -alat diantaranya lem plastic steel merk Dextone, sikat kawat yang halus terbuat dari kuningan dan alumunium foil...semua barang tersebut saya beli di toko matrial bangunan. gbr
pertama : saya sikat dengan menggunakan sikat kawat agar bersih dan terutama kita jadi tau letak keretakan diradiator tersebut,...setelah tau letak keretakan saya lem dengan dextone dengan campuran lem dan hardener       1 : 1, sambil ditekan agar masuk dan padat kedalam retakan tersebut dan saya tutup dengan alumunium foil lalu saya diamkan 16 jam
setelah 16 jam, saya tutup kembali dengan lem dextone dengan camuran yang sama lalu saya balut semua dengan alumunium foil dari luar dan dalam,  ini saya lakukan kerena menurut saya radiator di posisi inlet ini tekanan tinggi dan air yang masuk pun sangat panas beda dengan yang di out let,....agar tekanan air yang panas dan tinggi itu tidak bisa menembus keretakan yang di tambal dari luar,..maka didalam pun saya lapisi dengan alumunium foil inga - inga hanya alumunium foil tidak dengan lemnya , karena dikawatirkan jika lem yang digunakan tidak mampu menahan panas tinggi dan terendam air ,sehingga lepas dan masuk kedalam saluran air akan menyumbat,..beda dengan alumunium foil yang bisa digunakan untuk menambal panci bocor dan dibakar langsung dengan api pun kuat. direkatkan dengan posisi memanjang dari dalam keatas bibir radiator tdk boleh putus diamkan kembali 16 jam biar hasil lebi maximal....

 setelah itu pasang kembali sesuai dengan susunan pembongkaran pertama, kalau saya sebelum dipasang selang radiator saya berikan trebone warna putih bila mengering seperti karet tetapi mudah dibersihkan jika dibuka kembali..
tips dari saya mungkin cocok dengan rekan - rekan atau mungkin dari rekan rekan lain ada tips yang lebih baik saya hanya share saja pengalaman yang saya lakukan trims.....namun tak kalah pentingnya mengenai cara mengisi air radiator khusus mobil Korea ini karna jika salah menerapkan akan berakibat fatal juga (overheat),
nanti saya berikan kaset kembali eh tips untuk pengisian radiator yang saya lakukan wabil..kusus untuk KIA Carnival bersambung..... cape oi... ha ha ha
Wasalam...

Komentar

  1. wah tukang radiator jadi gak bisa beli beras mas kalo gini caranya

    BalasHapus
  2. Kebetulan radiator sy tiba2 bocor...sy coba lem dulu

    BalasHapus
  3. Waaaah boleh juga tu idenya gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGURAS DAN MENGISI AIR RADIATOR KIA CARNIVAL